Sabtu, 07 November 2009

author : ilham ceperis rumahan


Maraknya modif skutik ala low rider, memacu modifikator berlomba-lomba untuk lebih inofatif dalam merombak tampilan skutik. Menurut saya cirri khas low rider yang selalu memakai ban belakang gambot tentu saja tak bisa dilakukan sembarangan, sebab pembesaran dimensi roda belakang juga harus dihitung dengan beberapa factor. Diantaranya :
1. Lebar kolong skutik
2. Braket Knalpot
3. Bergesernya posisi CVT, apakah masih dibatas toleransi dan pengaruhnya terhadap kestabilan bodi belakang.
4. Kemampuan mesin menarik velg dengan bobot lebih berat.


Hal diatas sudah menjadi menu wajib ketika mengusung roda belakang berprofil gambot, agar ketika dipakai tak dijumpai kendala serius. Disini perhitungan cermat mengkombinasi pelek dan profil ban penting dilakukan.

Mengenai komposisi ukuran pelek dan ban yang ideal untuk skutik low rider. Ban ideal pada skutik low rider lebih ditujukan untuk menciptakan penampang ban model setengah lingkaran dan nggak berbentuk kotak kaku.

Hal ini sangat penting dibutuhkan saat melewati tikungan. Agar perpindahan traksi penampang ban, dari tengah ke sisi samping terjadi lebih rata dan tak ada kejutan yang disebabkan oleh sudut ban.


Berikut data kombinasi pelek dan profil ban skutik yang ideal.

Pelek : 3 inchi - 14
Ban : 110/70-14
: 100/70-14

Pelek : 3,5 inchi - 14
Ban : 120/70-14
(profil ban jadi tipis dan terkesan kotak)
: 140/60-14
: 140/70-14

Pelek : 5 inchi - 14
: 5,5 inchi - 14 ( bisa tubeless )
Ban : 140/70-14 ( cocok untuk pelek 6 inchi )
: 140/60-14
(profil ban jadi tipis dan terkesan kotak)

Pelek : 7 inchi-14
Ban : 160/60-14
: 160/70-14

Pelek : 8 inchi-14
Ban : 160/70-14
(nggak normal, cocok untuk bike show only)

Tanpa Ganti Segitiga Setir
DPN
Pelek : 3 inchi
Ban : 110/70
BLK
Pelek : 4 inchi
Ban : 120/70

Harus Ganti Segitiga Setir
DPN
Pelek : 4 inchi
Ban : 120/70
BLK
Pelek : 5,5 inchi
Ban : 140/60

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Kalo mau modif motor
Alamat ms dimna

Tukeran Link

Copy kode di bawah masukan di blog anda, saya akan segera linkback kembali Kolom blog tutorial